Cara Beriklan di Instagram Dengan Tepat Dan Mudah

Social media berkembang tidak hanya untuk komunikasi tetapi juga bisnis, promosi, marketing, dan iklan bahkan transaksi. Selain facebook, platform kedua yang sering dipakai untuk beriklan adalah Instagram. Yang menarik, IG bergabung ke facebook di tahun 2012 sehingga keduanya menggunakan layanan iklan yang sama.

Anda sudah melakukan riset pasar, konsumen, produk, dan kompetitor. Mayoritas user dan konsumen menggunakan Instagram. Untuk menjangkau mereka, Anda sudah pasti menggunakan marketing yang berfokus di platform social media tersebut. Secara umum, pemilik bisnis dapat memakai iklan di Instagram secara langsung tanpa perantara atau menyerahkan semua tugas seperti ini kepada digital advertising agency. Jika sibuk dan tidak punya waktu menyiapkan iklan, opsi kedua jelas merupakan pilihan terbaik.

Tata Cara Beriklan Di Instagram

  1. Facebook ads

Langkah awal untuk memasang iklan di Instagram adalah memiliki akun facebook lalu membuka ads manager. Social media ini memiliki halaman khusus yang mengelola semua pengiklan dan publisher.

  1. Tujuan iklan

Selanjutnya, Anda perlu menentukan tujuan iklan. Secara umum, tujuannya terdiri kesadaran, konversi, dan pertimbangan. Kesadaran berarti fokus pada awareness sebuah iklan. Jika ingin meningkatkan view, user memiliki tujuan lain. Hal yang sama berlaku pula ketika ingin menggunakan iklan untuk memperoleh penjualan.

  1. Target audience

Tugas Anda berikutnya adalah membuat target audience yaitu profil dan preferensi dari calon customer. Beberapa data wajib diisi seperti umur, jenis kelamin, lokasi, dan ketentuan lain yang penting.

  1. Jadwal

Iklan juga perlu ditentukan kapan waktu tayang. Anda mengatur jadwal dan memastikan kemunculan iklan berada di waktu yang sesuai. Cara ini dapat dilakukan otomatis sesuai algoritma pada social media.

  1. Format iklan

Format iklan di Instagram berupa feed dan stories. Feed mirip dengan posting berupa konten video atau gambar. Jika menggunakan tipe iklan stories, konten akan tampil di akun user dalam waktu 24 jam.

  1. Konten iklan

Anda juga perlu menyiapkan konten iklan yang tepat. Jika bingung dan awam terkait bidang ini, digital agency akan membantu dalam pembuatan iklan di Instagram yang tepat. Anda hanya perlu menyediakan data dan konsep.

  1. Penempatan

Di facebook ads manager, para pengguna memilih posisi iklan dan platform yang digunakan. Karena ingin tampil di Instagram, Anda hanya perlu beri centang opsi ini. Jika meluas ke layanan lain, segera pilih penempatan selanjutnya.

  1. Biaya

Iklan di Instagram membutuhkan biaya dan tidak mahal serta lebih optimal. Pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit. Selain itu, biaya juga dapat diatur misalnya dana per hari untuk iklan adalah sekian.

Optimasi Iklan di Platform Instagram

Agar lebih optimal, simak daftar berikut untuk meningkatkan penggunaan iklan di Instagram.

  1. Feed dan stories

Riset menunjukkan bahwa stories lebih sering dilihat dan konversi lebih tinggi. Anda dapat menggunakan cara ini lalu digabung dengan feed yang mirip hasil upload.

  1. Konten visual

Di Instagram, semua konten adalah visual seperti video dan foto. Anda perlu melakukan optimasi gambar sehingga mudah dipahami dan menarik perhatian. Jika menggunakan video, durasi jangan terlalu lama serta harus tepat sasaran.

  1. Iklan tampak natural

Iklan di Instagram harus dibuat normal dan natural. Konten seolah mirip dengan upload sehingga pendekatan iklan adalah tidak langsung. User justru merasa malas melihat dan berkunjung jika dari awal sudah mengetahui bahwa konten tersebut berisi iklan.

  1. Biaya

Terakhir, siapkan biaya yang memadai. Anda berharap iklan memberikan hasil lebih tinggi terutama peningkatan penjualan. Harga iklan di Instagram menyesuaikan dengan kebutuhan dan target.