Ketahui Peluang Hamil Setelah Haid dan Ciri-Cirinya

 

Kehamilan adalah saat yang dinanti-nanti oleh pasangan suami istri. Tidak jarang, menstruasi istri menjadi penanda menyedihkan jika pasangan tersebut belum dipercaya untuk dititipkan anugrah yang didambakan. Pertanyaan yang sering didengar apakah masih ada kemungkinan hamil bahkan setelah haid? Jawabannya ada. Hal ini sering terjadi pada wanita yang memiliki siklus haid pendek. Siklus haid umumnya terjadi selama 28 sampai 35 hari sekali dengan durasi rata-rata 3 sampai 9 hari. Wanita yang punya siklus haid pendek bisa dinyatakan positif hamil sesaat dirinya selesai haid. Bagaimana bisa? Hal itu terjadi karena penghitungan masa subur yang lebih cepat. Umumnya, hitungan masa subur adalah 14 hari setelah haid terakhir. Pada wanita yang siklus haidnya pendek, masa subur terjadi lebih cepat. Oleh karena itu, jika promil wanita yang masa haidnya pendek akan disarankan melakukan hubungan seksual dua sampai tiga hari sekali saja.

Adapun tanda-tanda kehamilan setelah haid adalah sebagai berikut.

  1. Adanya bercak darah sesaat setelah seharusnya haid berhenti. Banyak perempuan yang mengartikan haid mereka belum selesai. Padahal bisa jadi itu tanda-tanda kehamilan.
  2. Jumlah darah yang muncul tidak banyak. Jumlah darah yang muncul tidak banyak dan hanya terjadi dua sampai tiga hari saja. Jika terjadi hal tersebut yang disertai dengan nyeri payudara dan mual, segera periksa ke dokter.