Tak Perlu Repot, Ternak Bebek Petelur Modern Tak Perlu Di Angon

Telur bebek sudah menjadi salah satu varian menu khas nusantara. Sebut saja martabak telor, kerak telor hingga telor asin. Semua jajanan khas nusantara ini rasanya tak afdol jika tak menggunakan telor bebek. Sepertinya ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis. Apalagi jika bukan ternak bebek petelur untuk memenuhi kebutuhan bahan-bahan pembuat jajanan khas tersebut.

Memelihara bebek identik dengan kotor dan bau. Apalagi memelihara bebek petelur jaman dulu terbilang sangat repot. Selain harus rutin angon ke sawah dan lahan terbuka, pemilik juga seringkali terganggu dengan bau kotoran bebek. Namun sekarang sudah ada cara ternak bebek petelur modern.

Ternak Bebek Petelur Modern Lebih Mudah

Bebek termasuk unggas yang mudah dibudidayakan. Imunitasnya lebih baik dari pada ayam. Sehingga bebek tidak mudah terkena virus dan bakteri. Namun, bebek yang biasa hidup di tanah becek kadang kala menjadi momok tersendiri. Nah, sekarang ada cara efektif jika ingin memelihara bebek namun kebersihan kandang tetap terjaga.

Sudah banyak yang mencoba ternak bebek di kandang kering. Kandang bisa dibuat secara sederhana layaknya kandang ayam. Agar lebih aman, pastikan posisi kandang jauh dari rumah tinggal penduduk. Ini untuk mengurangi resiko berisik dari suara bebek dan bau busuk dari kotoran bebek. Meskipun sekarang sudah banyak sekali obat-obatan yang bisa mengurangi bau busuk kotoran bebek.

Ternak bebek di kandang kering juga dikenal dengan ternak bebek modern. Dengan cara ini, bebek tak perlu di bawa atau di angon ke sawah-sawah atau tempat terbukan untuk sekedar mencari makan. Sebagai gantinya. Pemilik harus rela menyediakan pakan ekstra. Dan tertib pada jadwal pemberian makan.

Tujuan lain dari angon bebek adalah agar bebek mendapatkan sinar matahari. Sinar ini sangat dibutuhka bebek untuk pertumbuhannya. Nah, pada kandang bebek modern, diperlukan penyinaran dengan lampu di waktu malam. Ini dilakukan sebagai ganti sinar matahari.

Intensitas penyinaran dengan lampu akan semakin meningkat ketika bebek memasuki masa produktif. Dengan begitu penyerapan vitamin D akan lebih optimal.

Keuntungan Ternak Bebek Petelur Modern

Taukah Anda jika bebek petelur yang dipelihara dalam kandang kering memiliki tingkat produktifitas yang lebih tinggi? Ini tak dapat dipisahkan dari kualitas pemeliharaan yang lebih baik. Bebek yang di angon akan mencari makan sendiri. tentu saja, jumlah asupannya kurang terukur. Belum lagi, energi yang diperoleh bebek angon akan berkurang karena aktifitas bebek yang lebih banyak.

Berbeda dengan bebek petelur yang di kandang. Asupan makanannya lebih diperhitungkan. Nutrisi yang dibutuhkan lebih terjaga. Sehingga tingkat produktifitasnya pun lebih tinggi.

Zonaternak.com memiliki banyak tips dan trik dalam usaha ternak. Salah satunya adalah cara ternak bebek baik konvensional maupun modern. Keduanya memiliki tujuan yang sama. Yaitu untuk meraup keuntungan dari hasil produk telur yang dihasilkan.

Yang serupa tak selalu sama. Begitu pula dengan cara beternak bebek petelur. Perbedaan cara tentu akan berdampak pada perbedaan pengeluaran. Yang modern bisa saja membutuhkan biaya pemeliharaan yang lebih tinggi.

Namun tentu saja akan sesuai dengan produktifitas bebek. Cara modern dalam beternak bebek tersebut bisa menjadi pertimbangan. Khususnya bagi Anda yang ingin ternak bebek namun tak ingin direpotkan dengan aktifitas angon.

Cara beternak bebek petelur yang modern terbilang cukup mudah bukan? Cukup dengan menjaga kebersihan kandang dan memberi makan. Yang perlu diperhatikan dengan seksama  saat memilih cara memelihara bebek petelur dengan kandang kering adalah lokasi kandang, tingkat kelembaban kandang, nutrisi pada pakan dan penyinaran.